filsafat ilmu


G. Problematika ilmu
 Dalam rangka membangun wawasan keilmuan dan terutama sebagai upaya pengembangan keilmuan lebih lanjut, problematika filsafat ilmu dapat diidentifikasikan bemjadi beberapa aspek yaitu:
1.      Mempelajari struktur fundamental (fundamental structure) suatu ilmu
Struktur fundamental suatu ilmu adalah hakikat ilmu itu sendiri. Melihat ilmu dari aspek ini merupakan sumbangan dari epistimologi in the old fashion, yakni lebih menitik beratkan pada perspektif apa  (objek formal) yang digunakan suatu ilmu dalam memahami objek kajiannya. Dari sinilah kemudian dapatdiketahui bahwa suatu perspektif tertentu ternyata bisa dipakai untuk lebih dari 1 disiplin ilmu  dengan memakai  objek formal yang sama. Maka dapat dipahami pernyataan Qomaruddin Hidayat yang menyatakan bahwa ilmu-ilmu yang pada awalnya merupakan anak serta cucu- cabang dari ilmu filsafat  cenderung mengadakan reuni dalam hal reunifikasi. Karena dalam filsafat ilmu ternyata beberapa disiplin ilmu bisa pulang kembali (dikelompokkan) pada pola pikir (epistimologi) yang sama. Selanjutnya dalam pengembangan ilmu , struktur fundamental juga bisa difahami sebagai kerangka  paradigma keilmuan (asumsi filosofis), yang dengannya bisa dilihat  konsistensi kerja  konsep-konsep atau teori-teori keilmuannya. Dari sini lah kemudian kita dapat mengetahui bahwa filsafat ilmu menjadi sangat identik dengan kerangka teori.  Sebagian peneliti keilmuan merupakan usaha terus menerus untuk menafsirkan dan memahami seluk beluk alam lewat kerangka kerja teoritik  yang disusun terlebih dahulu oleh ilmuan/peneliti. Kerangka kerja teoritik memerankan peran yang sangat besar dalam menentukan permasalahan ( problem). Sebagian besar  peristiwa penting yang tercatat dalam sejarah ilmu pengetahuan (history of science) selalu merupakan temuan-temuan radikal ( revolution) yang mampu merubah kerangka kerja teoritik keilmuan yang telah disusun oleh para ilmuan sebelumnya. Teori-teori fundamentallah yang lebih memerankan peran yang sangat berarti dalam menentukan arti data yang sedang diteliti. Terlebih lagi data-data yang ada dilapangan, bisa saja terjadi perubahan data ketika revolusi ilmu pengetahuan terjadi. Bisa jadi tema-tema yang paling penting dalam filsafat ilmu baru adalah penekanannya  pada penelitian yang berkesinambungan dan bukannya hasil-hasil yang diterima sebagai inti pokok kegiatan ilmu pengetahuan.  Sebgai hasilnya , analisis terhadap struktur logika dari teori-teori yang telah mapan dan sempurna tidak lagi begitu menarik  dibandingkan usaha-usaha untuk memahamibasis-basis rasionalitas dari penemuan-penemuan ilmiah dan perubahan-perubahan kerangka teori.
2.      Mempelajari struktur logis(Ilogical structure) suatu ilmu.
Setiap ilmu memiliki logikanya masing-masing karena struktur logis dalam suatu ilmu berhubungan dengan pandangan dunianya. Ini artinya ilmu terkait dengan logika apa yang bermain dibelakang suatu ilmu tertentu. Oleh karenanya wajar apabila ilmu memiliki karakteristik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Dengan melihat struktur logis suatu ilmu pada suatu sisi maka akan bisa difahami tipe-tipe argumen yang diigunakan, sekaligus sebagai landasan  filosofis logis dalam membuat argumen ilmiah pada sisi yang lainnya.
3.      Sesuai dengan sifat heuristik dari filsafat, filsafat ilmu berusaha mencari terobosan baru agar suatu ilmu tetap dapat survive, marketable, aktual dan berguna
Munculnya istilah shifting paradigm dalam ilmu fisika alam oleh Thomas S. Khun dan dalam ilmu-ilmu keislaman oleh Amin Abdullah adalah sebagai contoh misal dari kerja heuristik filsafat ilmu ini. Sudah tentu terobosan dimaksud tidak harus berbentuk lahirnya terobosan paradigma baru. Meski untuk yang satu ini memperoleh perhatian cukup dikalangan filsafat ilmu , tetapi juga menyangkut hal-hal yang lain yang lebih relatif lebih sempit misalnya konsep, teori, metode, pendekatan, objek kajian dan lain-lain. Namun demikian haruslah kita tahu bahwa filsafat ilmu tidaklah berhubungan dengan kerja teknis kegiatan ilmiah karena hal ini menjadi wilayah metodologi penelitian ilmuah. Untuk itu kita harus berkembang secara alamiah  baik dalam pengembangan keilmuan filsafat itu sendiri maupun disiplin-disiplin ilmu yang lain. Hal itu karena filsafat dapat menanamkan kebiasaan dan melatih akal fikiran untuk bersikap kritis-analitis dan mampu melahirkan ide-ide segar yang dibutuhkan  sehinggademikian ia mampu untuk menjadi alat intelektual yang sangat penting untuk ilmu-ilmu yang lain terutama ilmu agama dan teologi.
4.      Melakukan kritik (analisis kritis)
Kritik merupakan sifat dasar filsafat . maka filsafat ilmu tiada hentinya melakukan kritik terhadap setiap ilmu dan perkembangannya, terutama diarahkan pada adanya keselarasan pada tiga aspek yaitu epistimologis, metafisika dan aksiologis

H. Ruang Lingkup filsafat ilmu
      Filsafat ilmu dapat dibagi menjadi 2 sisi yaitu sebagai landasan disiplin ilmu dan sebagai landasan filosofis ilmu pengetahuan. Pertama,  sebagai disiplin ilmu  filsafat ilmu merupakan cabang dari ilmu filsafat, dengan demikian juga merupakan disiplin filsafat khusus yaitu ilmu pengetahuan. Maka ketika kita belajar filsafat ilmu berarti secara fisiologis kita juga telah mempelajari berbagai hal terkait dengan filsafat ilmu pengetahuan. Secara teoritis adanya filsafat disini adalah untuk menjelaskan apa, bagaimana dan untuk apa ilmu pengetahuan itu. Tiga persoalan inilah yang biasanya disebut dengan ontologi, epistimologi dan aksiologi ilmu pengetahuan. Kedua sebagai landasan filosofis bagi ilmu pengetahuan. Dalam hal ini filsafat ilmu lebih dilihat terhadap fungsinya  bahkan aplikasinya dalam kegiatan keilmuan. Dalam pandangan filsafat ilmu, proses dan hasil keilmuan pada pada jenis ilmu papun itu , sangat ditentukan oleh landasan filosofis yang mendasarinya, yang memang berfungsi memberikan kerangka ,mengarahkan, menentukan corak dari keilmuan yang dihasilkan.
1.      Cakupan istilah “Ilmu”
Seperti yang telah kita ketahui bahwa pada awalnya yangdimaksud dengan filsafat ilmu adalah filsafat sains. Hal ini karena konon sains lahir dari anak sulung filsafat. Namun seiring dengan kelahiran ilmu-ilmu, pada kenyataanya disiplin filsafat ilmu memiliki kajian-kajian yang sangat luas yaitu mulai dari knowledge (pengetahuan), science (ilmu) itu sendiri baik natural science maupun social science sampai tergolong dalam ilmu humanities termasuk ilmu keagamaan dan kebahasaan. Hal tersebut biasanya disebut dengan cultural historical sciences. Sementara itu sebagaimana  skema yang dibuat oleh jurgen habernas, bahwa ilmu pengetahuan terdiri dari:
Ilmu-ilmu empiris-analitis (ilmu-ilmu alam, juga ilmu hukum dan psikologi), ilmu-ilmu historis-hemeneutis (ilmu agama, ilmu filsafat, bahasa, sastra, kebudayaan), dan ilmu-ilmu sosial-kritis (ilmu pollitik, ekonomi dan sosiologi). Melihat luasnya cangkuppan istilah ilmu ini, kemudian para ahli membedakan antara filsafat ilmu umum dan filsafat ilmu khusus. Pada era positivistik seperti sekarang ini, sudah tidak ada lagi satu bangunan keilmuan dalam wilayah apapun termasuk didalamnya wilayah agama-agama yang terlepas dan tidak terkait sama sekali  dari persoalan kultural, sosial dan bahkan sosial-politik yang melatarbelakangi munculnya, disusunnya dan bekerjanya sebuah paradigma keilmuan. Dari uraian singkat ini, terlihat bahwa sebagai suatu bangunan keilmuan, ilmu-ilmu keislaman juga digerakkan oleh paradigma keilmuan tertentu sekaligus berjalan atas dialektikanya dengan persoalan aktual sezaman. Dengan kata lain, ilmu-ilmu keislaman juga mempunyai filsafat ilmu,bahkan sosiologi ilmu dan sejarah ilmu, dan karenanya juga termasuk dalam diskursus filsafat ilmu,yang bisa dianalisis bangunan dasarnya dan konsekuensi-konsekuensinya, baik logis maupun sosiologisnya.
2.      Landasan filosofis bagi ilmu
Landasan filosofis bagi ilmu berfungsi untuk memberi kerangka, mengarahkan, menentukan corak dari keilmuan yang dihasilkanya. Landasan filosofis yang dimaksud adalah asumsi dasar, paradigma keilmuan dan kerangka teori (theoritical frmework).  Tiga hal inilah yang lazim disebut dengan filsafat ilmu atau filsafat keilmuan. Ilmu-ilmu lahir dari atau sangat ditentukan oleh kerangka teori (theoritical framework) yang mendasarinya, yang wilayahnya lebih umum, sementara kerangka teori lahir dari paradigma tertentu yang sifatnya juga lebih umum, begitu pula paradigma tertentu juga lahir dari /berdasarkan asumsi-asumsi yang mendasarinya. Asumsi dasar diidentifikasikan oleh filsafat ilmu menjadi beberapa aliran pemikiran yang meliputi: positivisme, postpositivisme, konstrutivisme, dan teori kritis (critical theory). Masing-masing paradigma tersebut bisa mencangkup bebrapa kerangka teori, yang secara serius dibangun dan ditawarkan oleh seorang ilmuan  atau kelompok ilmuwan tertentu. Dari sini bisa dipahami, jika bebrapa ilmu kemudian dapat diklasifikasikan menurut kesamaan karakteristiknya. Yakni atas dasar kesamaan teori atau paradigmanya.
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

sending children to the boarding school

Stay Active

Belajar dari jepang membentuk komunitas pendidik